Destinasi

Paket Wisata

Event

Katalog Produk UMKM

Acara

Berita

08 May 2023Acara

Staf Ahli Bupati Buka Manasik Haji Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023

cover

Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM H Amrullah Jamaludin membuka kegiatan Bimbingan Manasik Ibadah Haji Kabupaten Muara Enim Tahun 1444 H/ 2023 M yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muara Enim dengan tema "Kita wujudkan jamaah haji yang mandiri dalam beribadah untuk mencapai haji yang mabrur – Manasik Haji Ramah Lansia” di Masjid Babussalam Komplek Islamic Center, Kota Muara Enim, Senin (08/05).

Dikutip dari wikipedia.org, Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Staf Ahli berpesan kepada para pembimbing agar dapat bersabar dan ikhlas serta dapat memberikan informasi sedetail mungkin kepada para Calon Jamaah Haji (CJH) sehingga nanti pada saat pelaksanaan dapat lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

“Jaga kesehatan karena ibadah haji banyak yang bersifat fisik serta yang tak kalah penting tinggalkan dulu muara enim artinya fokuslah dalam beribadah karena kesempatan tersebut tidaklah didapat dengan mudah,” pinta Amrullah kepada para CJH Muara Enim.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Muara Enim H Hasanudin menyampaikan keberangkatan jamaah haji di Kabupaten Muara Enim dan secara nasional pada tahun 2023 ini mencapai 100% artinya akan ada kepadatan para jamaah haji di tanah suci mekkah.

Untuk itulah sama seperti yang disampaikan Staf Ahli Bupati tadi, Kakan Kemenag meminta kepada para pembimbing dan para peserta untuk menjalin komunikasi dengan baik dan saling menjaga terutama menjaga kesehatan.

“Di Kabupaten Muara Enim sendiri, manasik haji akan dilaksanakan ditingkat kabupaten sebanyak 2 (dua) kali dan ditingkat kecamatan sebanyak 8 (delapan) kali, untuk di kecamatan dibagi dalam tiga zona, zona satu di Kecamatan Gunung Megang, zona dua di Kecamatan Muara Enim, dan zona tiga di Kecamatan Lawang Kidul dengan CJH sebanyak 331 orang, semoga bimbingan manasik haji kali ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan sehingga para CJH muara enim dapat lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah haji,” pungkas Hasanudin.

Hadir diantaranya, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Jajaran PJU Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim termasuk Ketua MUI Kabupaten Muara Enim.


Jadwal Acara

Pembukaan

Sambutan

Ceramah

Tanya Jawab

Manasik Haji

Penutup

Doa Bersama

Ramah Tamah