Destinasi

Paket Wisata

Event

Katalog Produk UMKM

Acara

Berita

10 May 2023Acara

Staf Ahli Amrullah Hadiri Pembukaan PEDA KTNA XV di Bumi Sebiduk Sehaluan

cover

Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Bupati Muara Enim dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin menghadiri acara pembukaan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV pada Rabu (10/05) di Desa desa Gumawang BK X Kecamatan Blitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Diawali dengan panampilan defile dari 17 Kabupaten / Kota se- Sumatera Selatan, Siang tadi Pembukaan PEDA KTNA XV di Bumi Sebiduk Sehaluan ditandai dengan pemukulan Kentongan yang dilakukan bersama-sama oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Bupati OKU Timur Lanosin, Ketua Umum KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor serta Ketua KTNA Prov. Sumsel HM Basyir DA.

Untuk diketahui, PEDA KTNA ini sendiri merupakan suatu agenda yang dilakukan setiap 2 tahun sekali, yang mana kegiatan ini merupakan wadah bagi para kelompok tani dan nelayan dari tiap daerah untuk berkonsilidasi, bertukar ilmu pengetahuan satu sama lain guna meningkatkan produktifitas sektor pertanian dan perikanan di daerah masing-masing.

Gubernur Sumsel Herman Deru dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para petani dan nelayan telah menggelorakan semangat bertani yang diwujudkan dalam suksesnya pembukaan pelaksanaan PEDA KTNA XV di Bumi Sebiduk Sehaluan

Herman Deru mengajak para petani dan nelayan agar dapat memaknai PEDA KTNA ini sebagai sarana untuk sharing bertukar pengalaman, menyatukan langkah guna meningkatan kuantitas dan kualitas serta keamanan produk lokal pangan lokal guna mendukung kesinambungan Sumsel sebagai Lumbung Pangan Nasional.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini, jadikan kesempatan ini untuk saling tukar ilmu guna memecahkan persoalan-persoalan tani yang ada di daerah masing-masing,"tegasnya 

Melalui pantauan Tim Diskominfo dan LPPL RAME FM dilapangan, disela-sela kegiatan pembukaan pagi tadi juga dilaksanakan pelantikan Perkumpulan Penyuluhan Pertanian Swadaya Indonesia masa bakti 2023-2028 se-Provinsi Sumatera Selatan yang dilantik secara langsung oleh Ketua PPPSI Pusat 

Selanjutnya, Gubernur Sumsel beserta rombongan kepala daerah meninjau beberapa stand pameran yang menampilkan produk-produk hasil tani dan nelayan terbaik dari masing-masing daerah. Tak ketinggalan orang nomor 1 di Sumsel tersebut juga menyempatkan diri untuk bertandang ke stand Kabupaten Muara Enim sambil menyeruput kopi semende.

Nampak hadir dalam pembukaan PEDA KTNA XV beberapa kepala daerah se-Sumatera Selatan, Ketua TP PKK Prov Sumsel, Dirut PT Pusri, Direksi PTBA , Direksi Bank Sumsel Babel, unsur Forkopimda Kabupaten Oku Timur dan jajaran OPD lingkup Pemkab Oku Timur.


Jadwal Acara

Pembukaan

Sambutan Gubernur

Pertunjukan

Penutup

Doa Bersama